flash

Kamis, 25 April 2013

Klasifikasi Sistem Operasi


Sistem operasi adalah suatu software utama dalam komputer. jadi, koputer tanpa sistem operasi, tidak bisa menjalankan tugasnya.
sistem operasi dapat di klasifikasikan menjadi beberapa kelompok. diantaranya :


  1. Berdasarkan pelayanan terhadap pengguna
  •  Gui (Grafical Logical Unit)
GUI atau Antar MUka Pengguna (AMP), merupakan system
operasi berbasis grafis atau dengan kata lain semua intruksi atau perintah dalam mode grafis.
GUI menjadi salah satu factor kemudahan dalam penggunaan komputer. Peranti penggerak seperti pemutar mp3, pemutar media portable atau piranti permainan, peralatan rumah tangga dan peralatan kantor. GUI menggambarkan informasi dan perintah yang tersedia untuk penggunna menggunakan icon grafis.
Contoh system operasi berbasis GUI adalah windows, mac os (apple), solaris dll.
  • CLI (Command Line Interface)
CLI atau antar muka garis perintah adalah mekanisme interaksi user dengan sistem operasi dengan mengetikan perintah untuk menjalankan tugas tertentu.
contoh sisitem operasi berbasis CLI adalah dos (windows ), terminal di linux, dll
  • VUI (Voice Line Interface)
pelayanan sistem operasi menggunakan basis suara atau semua interuksi menggunakan suara untuk menjalankan perintah / tugas tertentu.
contoh dari sistem operasi berbasis VUI adalah windows speech regnition

2. berdasarkan pembuatannya
  • windows 
 sistem operasi yang di rilis oleh perusahaan microsoft yang di ketuai oleh bill gates. so ini merupakan so yang yang harus di beli untuk dimiliki oleh pengguna, namun dibalik semua itu, so ini  paling banyak di gunakan oleh operator (pengguna) di seluruh dunia. alasannya so ini selain memiliki tampilan yang sangat baik, juga sangat nyaman dan mudah untuk digunakan.

windows mulai di rilis mulai tahun 1885 dengan versi pertamanya 1.0 dan kini windows berkembang sampai merilis versi terbarunya yaitu windows 8
  • linux
 sistem operasi ini merupakan sistem operasi free (gratis) dan setiap pengguna di berikan kebebasan untuk mengembangkan so ini. oleh sebab itu linux memiliki varian yang sangat banyak dan bisa mencapai seribu distro. dan untuk varian linux, sudah di postingkan dalam postingan sebelumnya.
 linux mulai di kembangkan oleh  Linus Torvalds di Universitas Helsinki, Finlandia.
linux banyak di gunakan dalam hal jaringan karena linux merupakan os yang memiliki ketahanan dan keamanan yang sangat baik.
  • apple
 apple di buat oleh perusahaan apple dan di ketuai oleh steven job. so ini di buat khusus langsung menyatu dengan hardwarenya, berbeda dengan windows atau linux yang hanya membuat so nya saja.
varian apple hanya sedikit yaitu mac os, lion, leopard dll.

3. berdasarkan hubungannya dengan processor


  • so 32 bit

2 komentar: