flash

Sabtu, 20 April 2013

Perbedaan NTFS dan FAT dalam instalasi windows XP

Ketika kita sedang menginstal windows xp, ketika sampai di pembagian partisi, selanjutnya kita akan di minta untuk bagaimana cara kita dalam memformat partisi. format-format tersebut yaitu NTFS dan FAT.

nah sebelum kita bahas
mengenai pebedaan NFS dan FAT, ada baiknya kita mengetahui apa sih NTFS dan FAT itu.

NTFS dan FAT, merupakan macam-macam system file, dimana system file tersebut diartikan sebagai metode yang digunakan unuk menyimpan data dan mengatur file-file data yang tersimpan di dalamnya untuk membuatnya mudah di temukan dan di akses. sebenarnya system file bukan hanya NTFS dan FAT saja, melainka masih banyak lagi system file yang lainnya dan hampir setiap sistem operasi memiliki file system yang berbeda-beda, seperti EXT pada linux, JFS, ZFS dan masih banyak system fyle yang lainnya.

dalam postingan kali ini saya akan membahas system file yang ada di windows XP ( NTFS dan FAT ).

NTFS ( New TEknologi File System ) yaitu salah satu system file yang di rilis oleh perusahaan microsoft dan mulai digunakan pada windows NT. prinsip kerja NTFS berdasarkan BTree dan menggunakan Full Indexing. Karena itu pula fragmentation dapat ditekan seminimal mungkin.



1.      NTFS menawarkan security yang jauh lebih baik , kompresi file , cluster dan bahkan support enkripsi data.
2.      NTFS memiliki fitur untuk menampung lebih dari satu buah ruangan data dalam sebuah berkas. Fitur ini disebut dengan Alternate Data Stream.
3.      Metode penyimpanan NTFS secara urut meneruskan dari data sebelumnya. Artinya data akan disimpan pada cluster ( bagian-bagian hard disk paling kecil ) yang belum terisi terlebih dahulu atau data akan disimpan secara urut memenuhi cluster. jadi NTFS memiliki metode menyimpan secara lebih hemat.

kekurangan :

1. NTFS tidak suport pada operating system yang terdahulu ( windows 9x, windows ME dan OS sedrajatnya )
2. NTFS di buat khusus untuk OS-OS buatan Microsoft. jadi untuk OS-OS lainnya seperti linux ataupun apple, system file ini tidak bisa di gunakan.

FAT ( File Allocation Table )


dikenalkan oleh MS-DOS pada tahun 1981. Awalnya, Sistem ini di design untuk mengatur file di floopy drive dan mengalami beberapa kali perubahan sehingga digunakan untuk mengatur file di harddisk.
kelebihan :
 
1. FAT merupakan file system yang kompatibel hampir di semua Operating System baik itu Windows 95, Windows 98, Windows ME, OS/2 , Linux dan bahkan Unix.

 
 kekurangan :

1. FAT memiliki batas kapasitas hingga mencapai 4 MegaByte
2. FAT mempunyai kapasitas tetap jumlah cluster dalam partisi, jadi semakin besar Hard disk maka ukuran cluster akan semakin besar, artinya file sekecil apapun tetap akan memakan 32 Kb dari harddisk.
3. FAT tidak mendukung kompresi, enkripsi dan kontrol akses dalam partisi


Sekian... Semoga bermanfaat.









 






 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar